STRESSOR DAN MEKANISME KOPING PADA LANJUT USIA

STRESSOR DAN MEKANISME KOPING PADA LANJUT USIA

Rabu, 23 November 2011

menopouse


A.    Pendahuluan
1.                  Latar Belakang
Menopause adalah kondisi dimana seorang wanita tidak bisa mengalami menstruasi lagi karena hilangnya aktivitas folikel ovarium. Mengalami menopause adalah suatu karunia, keadaan ini merupakan  proses penuaan yang sangat alamiah dan normal pada setiap wanita. Menopouse bukanlah masalah medis dan bukan suatu penyakit ataupun kelainan. Menopouse terjadi pada akhir siklus menstruasi yang terakhir tetapi kepastiannys baru diperoleh jika seoramg wanita sudah tidak mengalami siklus haidnya secara minimal 12 bulan. Hal ini disebabkan karena pembentukan hormon estrogen dan progesteron dari ovarium wanita berkurang, ovarium berhenti melepaskan sel telur sehingga aktifitas menstruasi berkurang dan akhirnya berhenti sama sekali. Pada masa ini terjadi penurunan jumlah hormon estrogen yang sangat penting untuk mempertahankan faal tubuh (Proverawati, 2010:2).
Menopause merupakan suatu gejala dalam kehidupan wanita yang ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi. Menopause adalah fase alami dalam kehidupan setiap wanita yang  menandai berakhirnya masa subur. Menopause seperti halnya menarche dan kehamilan dianggap sebagai peristiwa yang sangat berarti bagi kehidupan wanita. Menarche pada remaja wanita, menunjukkan mulai diproduksinya hormon estrogen, sedang menopause terjadi karena ovarium tidak menghasilkan atau tidak memproduksi hormon estrogen.
Wanita yang mencapai umur sekitar 45 tahun, mengalami penuaan indung telur, sehingga tidak sanggup memenuhi hormon estrogen. System hormonal seluruh tubuh mengalami kemunduran dalam mengeluarkan hormonnya. Kemunduran pada kelenjar tiroid dengan hormon tiroksin untuk metabolism umum, dan Kemunduran kelenjar parotiroid yang mengatur metabolisme kalsium. Terdapat peningkatan hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone) dan LH (Luteinizing Hormone) juga Perubahan pengeluaran hormon menyebabkan berbagai perubahan pada fisik dan pesikis (Manuaba, 1998:188).
Selama ini persepsi masyarakat tentang menopause sangat bervariasi, baik dalam pengertian semantik, keilmuan, maupun dalam dampaknya terhadap nilai kehidupan. Menopause adalah berhentinya menstruasi secara permanen sebagai akibat dari hilangnya aktivitas ovarium. Menopause alami ini dikenal bila terjadi amenore selama 12 bulan berturut-turut, tanpa ditemukan penyebab patologi atau fisiologi yang jelas (Prawirohardjo, 2005:330).
Ketika menopause sudah mendekat, siklus dapat terjadi dalam waktu-waktu yang tidak menentu dan bukan hal yang aneh jika menstruasi tidak datang selama beberapa bulan. Pada usia 40 tahun, beberapa perubahan hormon yang dikaitkan dengan premenopause mulai terjadi. Penelitian telah membuktikan, bahwa pada usia 40 tahun banyak wanita telah mengalami perubahan - perubahan dalam kepadatan tulang dan banyak yang menstruasinya menjadi lebih sedikit atau lebih pendek waktunya dibanding biasanya, bahkan lebih banyak dan atau lebih lama. Sekitar 80% wanita mulai tidak teratur siklus menstruasinya dan hanya sekitar 10% wanita berhenti menstruasi sama sekali tanpa disertai ketidakteraturan siklus yang berkepanjangan sebelumnya. Dalam suatu kajian yang melibatkan lebih dari 2.700 wanita, kebanyakan diantara mereka mengalami transisi premenopause yang berlangsung selama dua sampai delapan tahun. 
2.                   Rumusan Masalah
a.       Apakah yang dimaksud dengan premenopause, menopause, dan post menopause ?
b.       Tanda dan gejala apa saja yang terjadi selama fase premenopause ?
c.       Apa pengaruh fase premenopause?
d.      Bagaimana cara pencegahan sindrom premenopause itu?
3.                  Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan adalah untuk mengetahui dampak menopause yang terjadi pada wanita.
4.                   Manfaat Penulisan
a.       Memberikan informasi kepada pembaca tentang menopause yang terjadi pada wanita.
b.      Pembaca menjadi tahu tentang cara – cara penanganan menopause yang dialami oleh semua wanita.
c.       Penulis mendapat pengalaman dalam pembuatan karya ilmiah dan mengetahui berbagai informasi tentang menopause.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar